Ketik NOP untuk melihat status pembayaran PBB

SERQUA, Produk Air Minum Asli Desa Kalangbancar

Di desa Kalangbancar, peran Kepala Desa beserta perangkatnya sangat aktif dan terbuka terhadap kehadiran Pendamping Desa. Sehingga pendamping desa bersama pemerintah desa bisa melakukan proses proses pelaksanaan pembangunan desa bisa bdengan baik dan lancar. Diantaranya adalah perencanaan pembangunan desa di bidang infrastruktur, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan fokus pada saat ini adalah penanganan stunting.

Penanganan stunting di desa Kalangbancar lebih difokuskan pada proses pencegahan melalui kerja sama dengan kader kesehatan desa untuk pelatihan kader, pembangunan rumah desa sehat serta melengkapi alat alat di posyandu masing masing dusun. Selain itu, desa juga melakukan pembangunan sarana yang mendukung penanganan stunting. Diantaranya adalah pembangunan jalan poros desa menuju ke kota kecamatan yang selama ini masih berupa jalan tanah, sehingga masyarakat bisa lebih cepat dalam mengakses fasilitas kesehatan di kecamatan. Dan melalui pembangunan fasilitas  penyaringan air dari sungai Serang, sungai yang menjadi sumber utama waduk Kedungombo menjadi air minum siap konsumsi kepada masyarakat.

Alat yang digunakan untuk menyaring air sungai hingga air mineral yang layak konsumsi ini merupakan hibah dari pemerintah Jepang, yang dibangun oleh Yamaha Indonesia. Pembangunan bantuan hibah ini, awalnya tidak serta merta dilaksanakan di desa Kalangbancar. Tetapi ada beberapa desa di wilayah Jawa Tengah yang menjadi alternative pilihan.  Setelah melalui beberapa proses, seperti study kelayakan sumber air, kemampuan pengelolaan oleh pengurus BUMDes dan beberapa hal lainnya menurut standar pemerintah Jepang. Setelah dilakukan beberapa kali survey dan wawancara oleh orang orang dari Jepang dan yayasan Insan Sembada sebagai patner pemerintah Jepang di Indonesia. Akhirnya diputuskan desa Kalangbancar menjadi tempat pelaksanaan bantuan hibah tersebut. Setelah Clean Water Kalangbancar jadi dan diperiksa di lab Sucofindo Semarang. Air hasil penyaringan sungai serang dinyatakan aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga pada tahun ini, BUMDes Maju Lancar desa Kalangbancar memiliki beberapa unit usaha di antaranya adalah unit usaha produksi air minum dalam kemasan. Yang diharapkan bisa menjadi salah satu sumber PAD desa dan menambah lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat serta memberikan alternatif minuman sehat yang harganya bisa dijangkau masyarakat desa Kalangbancar karena diproduksi sendiri oleh desa.

Admin Desa Kalangbancar
Dibaca 31kali

Perangkat Desa

Modul PBB

Ketik NOP Untuk melihat status pembayaran PBB

Pengunjung

IP Anda : 103.119.139.117
Sistem Operasi : Unknown
Browser : Unknown v.?
Pengunjung hari ini : 34
Pengunjung total : 1998
Tentang Kami

Alamat Lengkap Kantor desa

081326198738

desakalangbancar@gmail.com

Follow Us
Letak Kantor

© Website Desa Kalangbancar. All Rights Reserved. Design by HTML Codex