Ketik NOP untuk melihat status pembayaran PBB

Pembentukan Bumdes Dan Sosialisasi Website Desa

Desa Kalangbancar merupakan salah satu desa di kecamatan Geyer kabupaten Grobogan, provinsi Jawa Tengah, yang terletak di bawah waduk Kedungombo. Bahkan nama Kedungombo diambilkan dari salah satu nama dusun yang terkena dampak pembangunan waduk dan saat itu hampir separuh dari penduduk desa Kalangbancar “bedol desa”. Desa Kalangbancar sebelah utara berbatasan dengan  desa Sobo, sebelah timur dengan desa Juworo, sebelah barat dengan desa Rambat dan perbatasan sebelah selatan dengan desa Ngargosari Sragen. Desa dengan kurang lebih 2.120 jiwa ini mendapatkan dana desa dari tahun 2015, dan mulai menganggarkan untuk pembentukan BUMDes mulai tahun 2018.

Pada awalnya proses sosialisasi pembentukan BUMDes di kecamatan Geyer agak sulit karena, memang dengan sulitnya medan dan kondisi alam di desa desa kecamatan Geyer. Pembangunan infrastruktur lebih dibutuhkan oleh masyarakat. Setelah Pendamping Desa melakukan pendekatan secara intensif di desa desa di akhir 2017. Semua desa mau menganggarkan pembentukan BUMDes pada tahun 2018. Dan sebagian melakukan persiapan pembantukan BUMDes. Dan pada tanggal 6 maret 2018, diadakan pelatihan sosialisasi kepada desa dan para pengurus BUMDes, yang dibiayai secara bersama sama oleh desa desa se kecamatan Geyer. Dalam pelatihan yang difasilitasi oleh Pendamping Desa ini diisi oleh pemateri dari IRE Jogjakarta, KPW P3MD Provinsi Jateng, Kepala Dispermasdes Kab. Grobogan dan TA P3MD Kab. Grobogan. Pasca pelatihan inilah, desa desa mulai sadar pentingnya BUMDes untuk mewujudkan kekuatan ekonomi desa, yang salah satu tujuannya adalah untuk menguatkan ekonomi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan dan menambah PAD desa desa di kecamatan Geyer yang selama ini rendah.

Bumdes Maju Lancar desa Kalangbancar di dirikan pada tanggal 3 Mei 2018, yang di dirikan melalui Musyawarah Desa Pendirian BUMDes di balai desa Kalangbancar kec. Geyer kab. Grobogan. Pada saat pendirian BUMDes di fasilitasi oleh Pendamping Desa dan di hadiri oleh Sekcam kecamatan Geyer.

Bumdes Maju Lancar ini, pertama kali mendapatkan bantuan dana dari Dana Desa sebesar Rp. 50.000.000,- dan bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 20.000.000,-. Uang tersebut digunakan untuk membangun unit usaha pompanisasi lahan pertanian. Dengan cara memompa air dari Sungai Serang, kemudian dinaikkan ke lahan pertanian di wilayah desa Kalangbancar. Tahap pertama pelaksanaan kegiatan BUMDes ini bisa mengairi kurang lebih 30 hektar lahan sawah. Dengan pola pembagian hasil panen sebagai bentuk kerjasama antara petani dan bumdes. Pola pembagian hasil ini tidak berupa uang, tetapi masih menggunakan pola tradisional yang sudah digunakan turun temurun, yaitu sebesar 1/7 pada masa labuh pada MT I, pada MT II di musim rendeng sebesar 1/7 dan pada masa ketigo atau kemarau sebesar 1/6 untuk BUMDes. Dan BUMDes Maju Lancar desa Kalangbancar di Program Inovasi Desa tahun 2018 mendapat tamu Replikasi dari beberapa kecamatan terkait pengelolaan BUMDes serta teknik pengairan lahan persawahan. Selain itu desa Kalangbancar juga melakukan replikasi ke desa Rawoh kecamatan Karangrayung. Untuk belajar pembibitan padi 10 hari siap tanam, sehingga bisa diterapkan di desa Kalangbancar. Yang semenjak ada pompanisasi dari BUMDes bisa menjadi lahan pertanian aktif dan bisa panen setahun tiga kali. Karena meskipun dekat dengan waduk Kedungombo, tapi sebagian lahan pertaniannya adalah lahan tadah udan, sehingga hanya bisa digunakan maksimal saat musim hujan saja.

Selain itu, di dalam pertemuan ini juga disosialisasikan tentang rencana pembuatan website desa yang berisikan tentang informasi perkembangan pembangunan desa dan informasi lainnya terkait desa. Untuk rencana kedepannya, website desa ini akan dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung informasi publik maupun pelayanan administrasi kepada masyarakat. Pembuatan website desa ini juga sebagai bentuk pelayanan pemerintah desa kepada warga desa dalam rangka pemerintahan desa Kalangbancar yang peduli dan proaktif melayani masyarakat, transparan dalam pelaksanaan pembangunan, sekaligus mengikuti perkembangan jaman.

Di mana saat ini, perkembangan zaman semakin maju dan mulai beralih ke digitalisasi. Pola informasi yang selama ini lebih sering diakses melalui media cetak maupun ”getok tular” sudah mulai berubah menjadi media informasi digital. Selain lebih murah, media digital juga sangat cepat sekaligus dapat diakses dari mana saja. Hal ini sangat mungkin berpengaruh dalam pelayanan administrasi kependudukan ke depannya. Mau tidak mau, pemerintah desa Kalangbancar harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan. Masyarakat semakin lama semakin maju, kebiasan kebiasaan konvensional akan berubah menjadi kebiasaan digital. Hal ini juga untuk memudahkan masyarakat desa Kalangbancar yang berada di luar daerah yang ingin mengetahui perkembangan desanya maupun ingin mengurus surat menyurat meskipun tidak berada di desa.

Admin Desa Kalangbancar
Dibaca 38kali

Perangkat Desa

Modul PBB

Ketik NOP Untuk melihat status pembayaran PBB

Pengunjung

IP Anda : 103.119.139.117
Sistem Operasi : Unknown
Browser : Unknown v.?
Pengunjung hari ini : 38
Pengunjung total : 2002
Tentang Kami

Alamat Lengkap Kantor desa

081326198738

desakalangbancar@gmail.com

Follow Us
Letak Kantor

© Website Desa Kalangbancar. All Rights Reserved. Design by HTML Codex